Dieng Tawarkan Paket Wisata Baru

Kelompok Sadar Wisata Dieng Pandawa menyiapkan paket wisata baru bagi mereka yang akan berlibur ke daerah di atas awan itu. Di tempat baru ini, wisatawan bisa melihat matahari terbit dan sore harinya bisa melihat temaram senja sebelum matahari terbenam.

“Selama ini yang lebih dikenal adalah Bukit Sikunir dan Prau, padahal ada tempat lain yang menurut saya paling indah dibanding tempat lainnya,” kata Wakil Bupati Banjarnegara, Hadi Supeno, Selasa 8 April 2014.

Ia mengatakan, di Bukit Pangonan, calon lokasi baru itu, terdapat padang savanna yang luas yang bernama Telaga Sumurup. Hanya saja, lokasi baru itu terletak di cagar alam yang membutuhkan izin khusus dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Tengah.

Masih menurut Hadi, di lokasi baru juga terdapat Telaga Nirwana. Menurut kisah pewayangan, Telaga Nirwana merupakan tempat tokoh kera Hanoman malih rupa menjadi manusia kembali setelah membasuh muka dan badannya dengan air telaga nirwana.

Selain itu, kata Hadi, di tengah savanna terdapat pohon cemeti yang mistis. Ada pula habitat asli tanaman purwaceng, ginseng dari tanah Jawa. “Lansekap Candi Arjuna juga bisa dilihat dari bukit ini,” katanya.

Untuk memudahkan mencapai bukit, kata Hadi, akan dibuatkan jalan setapak dan jalan kuda bagi yang tak kuat berjalan menanjak. “Penggunaan kuda dimungkinkan sebab rute jalannya juga mendukung. Lagi pula, alternatif ini seperti mengembalikan kodratnya bukit Pangonan yang menurut sejarahnya merupakan tempat angon kuda,” katanya.

Endi Suryo dari BKSDA Jawa Tengah mengatakan, Telaga Sumurup merupakan lahan konservasi yang sifatnya tertutup dan tidak boleh diselenggarakan kegiatan. “Apalagi untuk kegiatan semacam off road yang berpotensi merusak kelestarian Cagar Alam. Namun kalau kegiatan yang dilakukan berupa jalan kaki dan penelitian, kemungkinan besar akan diizinkan,” katanya.

sumber:tempo.co

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *